RSS

Episode (Hampir) Baru

Sekarang, masa-masa pra kuliah. Ajaib lah pokoknya masa-masa ini. Tiga tahun terakhir aku penasaran, aku bertanya-tanya dan penasaran tentang "masa di mana kamu akan diperlakukan sebagai orang dewasa, mau atau tidak".

Maha dan Siswa

Khususnya tentang, menjadi mahasiswa. Kalau dipisah sih, maha artinya besar; siswa artinya para pembelajar. Jadi kalau digabung artinya para pembelajar yang besar. Banyak persepsi tentang ini. Kalau menurutku, seorang mahasiswa itu ya kudu berbesar hati untuk menerima pemikiran-pemikiran yang benar-benar besar. Pemikiran yang siap untuk membuatnya dan orang-orang di sekelilingnya menjadi berarti. Dibutuhkan langkah -dan sayangnya juga birokrasi- nyata untuk mengaktualisasikan diri. Berbakti demi nusa dan bangsa.

:: Masih ingat, doa-doa mereka ketika kita membuka mata untuk dunia pertama kalinya?
:: Semoga Ananda menjadi anak yang berbakti pada orang tua, serta berguna bagi nusa, bangsa,  
   dan juga agamanya.

Iya kan? Doanya kurang lebih seperti itulah. Tentunya, dengan menjadi mahasiswa, paling tidak doa itu sudah ada wujud nyatanya. Inilah jalan yang diberikan Allah untuk beberapa orang yang memasuki jalur perguruan tinggi (Bukan diskriminasi bagi mereka yang memilih untuk tidak kuliah).

Tapi sekali lagi, karena masih menyandang status sebagai siswa, maka perlu terus membina diri menjadi orang yang lebih baik, sanggup berkarya (mengutip sambutan Direktur Kemahasiswaan UNAIR). Agar ketika di masyarakat, benar-benar berguna. Bukan justru menjadi beban di negara ini.

Extralude

Ini masih perjalanan awal menjadi mahasiswi. Jadi keep moving dan terus bersabar.