RSS

Tentang Husnudzon

Kembalikan masalahmu pada Allah
Tidak.

Tidak ada yang perlu disikapi secara berlebihan dalam hidup ini.
Teoriku tentang hidup itu ya cuma ada tiga:

1. Segala kemungkinan hidup itu bisa saja terjadi; mau sejuta, sepuluh juta, bisa. Tapi, yang namanya pilihan itu tetep aja cuma dua. Tolong, ini jangan dibantah.

2. Untuk menghadapinya, dibutuhkan kesungguhan dan keikhlasan dalam melakukan persiapan. Dalam hal apa? Ya apa saja. Mulai dari kesiapan pribadi, mental, materi, apapun. Terutama, kesiapan rohani. Supaya kalo kemungkinan itu menyakitkan hati, kita masih punya stok rohani yang lapang dan pikiran jernih, seluas telaga. Dan itu adalah pemberian terindah dari Allah Yang Maha Bijaksana.

3. Tetaplah menjadi orang jujur yang kuat untuk terus berusaha, belajar, dan berdoa padaNya. Karena Allah mencintai kejujuran dan kekuatan hati yang berserah diri, setelah berusaha. Setelah itu, tawakkal saja. Tak ada yang perlu dirisaukan. Karena sekali lagi, apa yang terbaik menurut Allah, mungkin tidak menurut kita (Al-Baqarah:216).

Karena hidup itu adalah sebuah puzzle yang kita tak pernah tahu wujud lengkapnya seperti apa. Iya, kan? Biarlah Allah yang berkehendak. Toh, kita ini milikNya. Asal kita tetap berusaha fastabiqul khairat dan mencari ridhoNya dalam segala aktivitas kita. Asal di sisi kita ada Allah, maka apa yang harus kita takutkan?