RSS

3 Kunci Sukses

Baru dapet materi TFT dari Uswah Student Center. Kemarin, berasa gimanaa gitu. Meskipun belum jadi trainer, tapi well setidaknya aku bisa mencuri sedikit ilmu dari Kak Ilo @hermansusilo dan Kak Syam @tanyasyamsudin.

Berpikir Positif : as always, di mana-mana, berpikir positif itu adalah yang paling penting. Soalnya, Allah itu sesuai prasangka hambaNya. Jadi, ya berpikir positif sajalah :)
Toh, nggak ada ruginya. Justru dengan kita berpikir positif ini, akan menghambat proses penuaan dini.

Pro-Aktif : beda dengan re-aktif. Kalau reaktif itu hanya akan melakukan ketika mendapat permintaan. Tapi orang-orang proaktif sudah jelas orientasinya ke mana, apa saja dan apa yang harus dia lakukan. Lebih-lebih, orang proaktif memiliki motivasi yang besar untuk tetap stay closed dengan tujuannya melalui langkah-langkah efektifnya. Sifat proaktif, juga nggak asal merespon. Hanya merespon sesuatu yang perlu dan penting direspon

Terbuka : Mind-nya terbuka dan nggak terbelanggu dengan rantai gajah. Apa itu? Ketakutan yang nggak ada alasannya dan hanya dibuat-buat oleh pikiran kita sendiri. Rantai gajah itu, terbentuk melalui kebiasaan. Sehingga, muncullah semacam mind-blocked yang membuat kita enggan melakukan sesuatu yang baru. Caranya adalah: self-asking secara kontinyu sampai rasa takut itu hilang dengan sendirinya.

Key of Succes

Agak susah sih, kalo buat orang yang mendapatkan rantai gajah ini dari tradisi orang tua/saudara yang mendidiknya. Karena ya mau gimana lagi, masa kecil kan dihabiskan dengan mereka. Apalagi, golden periodic ada di masa-masa tersebut.

Triknya, sering-sering aja kumpul sama orang baik yang pemberani ato nonton film yang tokoh utamanya pemberani seperti 3 Idiots. Kalo punya temen pemberani, masak iya sih kita tetep memertahankan ketakutan kita. Lama-lama, insyaAllah kita juga akan ikut berani dengan cara yang benar. Kalo sering nonton film dengan tokoh utama yang pemberani, pola pikir kita sedikit demi sedikit akan ikut berubah kok. Berubah menjadi orang baik dan benar yang pemberani.

Keep learning!