RSS

Trip to Samboja #1

Gelisah membuatku tak nyenyak tidur. Kenapa lagi kalau bukan gara-gara tanggal 18 kemarin aku bakalan trip ke Samboja, Kaltim. Walaupun aslinya memang mudik dan bersilaturahim ke saudara-saudara di sana.

Aku sudah packing sejak tanggal 15 dan searching di Google soal trip ke Samboja. Well, aku menemukan 2 tempat wisata: Bukit Bangkirai dan Pantai Tanah Merah (as known as: Tanjung). Lihat di sini.

Jam 6 lebih, 2 taksi sudah berhenti di depan rumah. Setelah cuap-cuap bentar dan minal aidzinan dulu sama keluarga besar plus tetangga kanan-kiri, meluncurlah aku berempat dengan adikku, Uti, dan Mbah Muk ke Juanda. Kenapa mesti 2 taksi? Karena kedua ortuku ikut. Mau nganter.
(Bayar taksi dari rumah: Rp 75.000, 00)

Di Juanda... hm, foto-foto dulu dong. Maklum, Mbah Muk belum pernah naik pesawat. Jadi gaya-gayaan dulu di bandara, menandakan kalau beliau ready to fly dan biar bisa ditunjukin sama teman-temannya. XD
Pukul 08.00, check in loket udah dibuka. Saatnya masuk.
(Btw, bayar peronnya Rp 40.000, 00 per orang. Naik 10 ribu rupiah seluruh Indonesia)

Setelah semua sudah beres, kami melenggang masuk ke waiting room. Untung pesawatnya ndak terlambat. Sementara itu, Pakde mengabarkan bahwa Kalimantan hujan deras. Rrrr.... berdoa semoga nggak terjadi apa-apa di pesawat.
(Bayar pesawat Rp 356.000, 00 - pake Batavia Air)

Samboja: warna hijau

Time to take off. Bismillah. Ya Allah selamatkan kami.
15 menit kemudian, Laut Jawa terhampar di bawahku. Indah sekali. Lautnya biru terkena pantulan langit.

Hm... karena aku duduk di sebelah jendela dan bisa melihat awan-awan indah (tapi aku belum bisa mengidentifikasinya), pas pesawat terbang di Kalimantan, rada ngeri. Awannya.... Awannya.... mengganggu pendaratan pesawat. Jadi, pesawatnya muter-muter dulu di atas Balikpapan. Tapi beberapa menit kemudian pukul 11.20 WITA, kami berhasil mendarat dengan mulus di bandara Sepinggan, Balikpapan.


Welcome to East Borneo!




Ternyata, Pakde sudah menjemput dengan mobil sewaan karena jam segitu udah gak ada taksi (jangan bayangkan taksi di Balikpapan sama dengan taksi Surabaya/Jakarta). Harga sewanya sekitar Rp 300.000 sekali jalan. Kalo naik taksi cuma Rp 150.000 aja berlima. Murah kan? Padahal jaraknya 60 km.

Jadi, taksi Balikpapan itu adalah sebuah mobil putih semacam colt L300 yang yah... sedikit tua. Dan hanya ada 5 taksi jurusan Balikpapan-Samboja. Jamnya juga tertentu. Ada yang jam 5, jam 8, jam 11, jam 14, dan jam 16. Karena aku tiba di sana sudah jam 11.40, maka naik mobil sewaan sajalah (Iya, gak ada taksi...). Sekalian bersantai, menikmati panorama Balikpapan-Samboja.

Ah, tiba-tiba aku melihat pemandangan yang... full of coconut tree. Samboja itu daerah pantai mamen. Iih... seneng banget begitu tahu kalo rumahnya Pakde daerah pantai. Alias, bisa main pasir seharian. Pasirnya model-model pasir yang di Bali. Bersih, halus, dan gampangnya, bayangkan aja kalo lagi ada di pesisir pantai Sanur. :)
Kebayang indahnya kaaan?