RSS

Winter in Tokyo

Maunya nulis sinopsis, tapi kok berkenaan dengan diri sendiri.
Berawal dari merengeknya salah seorang murid lesku yang maksa minta dipinjemi novelnya Ilana Tan. Habisnya dia les sambil bawa-bawa novel metropop sih. Akhirnya aku pun cuap-cuap soal novel favoritku itu dan dia minta dipinjemin pada akhirnya.

Dari keempat buku season seriesnya, yakni:
Summer in Seoul
Autumn in Paris
Winter in Tokyo
Spring in London

I think, Winter in Tokyo is my fave novel overall. Till now, I admitted, it's the best. Pertama kali juga baca novel ini dan langsung jatuh hati sama gaya menulisnya Ilana Tan yang kreatif, holistik, sangat descriptive, dan detail. Dari sini pula, aku akhirnya tergila-gila dengan negara Jepang dan pernak-pernik di dalamnya. Aneh bukan?

Mau tahu ceritanya? Selamat menikmati.

My Fave book



Orang itu memandang takjub seorang perempuan di dekat jendela itu. Benaknya tak pernah merespon, tetapi hatinya bersikukuh bahwa tanpa wanita itu, dia tak kan bisa melakukan apapun di dunia ini.

--

Ishida Keiko mendekati apartemennya ketika kemudian digoda Sato Haruka, tetangganya. Setelah menggosip sebentar, Haruka berkata bahwa ada seorang penghuni baru di depan kamar Keiko. Yang pasti, dia adalah seorang cowok. Saking penasarannya, Keiko sampai berani mengintip tanpa membuka pintu kamar Nishimura Kazuto. Nah, tepat saat itu pula tanpa sengaja Kazuto-san menyeret keras-keras untuk membuka pintunya. Jatuhlah Keiko. Lantas seisi apartemen, Kakek-Nenek, Haruka dan Tomoyuki sudah siap menolong Keiko. Tapi ujungnya jadi ajang perkenalan Kazuto pada keluarga kecil di apartemen pinggiran kota Tokyo itu.

Usut punya usut, Kazuto adalah seorang fotografer terkenal di di Amerika yang pindah ke Jepang untuk melupakan sesuatu. Masalah percintaannya dengan Yuri yang bertepuk sebelah tangan. Di sini, ia juga bertemu dengan sohibnya dulu, Kitano Akira yang sudah menjadi seorang dokter terkenal di Jepang. Mereka pun ngobrol ngalor ngidul tentang kenangan-kenangan yang telah lalu.



Sementara Keiko masih tetap menunggu cinta sejatinya-Kitano Akira-seperti katanya dan selalu menceritakan hal ini pada Kazuto. Soal cinta pertamanya itu, Keiko berkata bahwa dulu cinta pertamanyalah yang membantunya mencari kalung pemberian nenenknya yang hilang. Eh, ternyata cuma di rumput basah. Ketemu dan dipasangkannya kembali pada Keiko. Inilah awal mula ketertarikan Keiko kecil pada pangeran pujannya itu. Pangeran bertopi wol biru. Padahal, Kazuto sudah sangat nyaman berada di samping Keiko, membuat janji ke mana-mana dengan gadis itu, dan memotretnya diam-diam. Seperti yang ia lakukan pada Yuri dulu.

Kazuto dan Keiko cepat sekali berteman akrab. Mereka saling melengkapi dan membantu. Tapi ada satu hal yang menyakitkan bagi Kazuto. Kenyataan bahwa kata Keiko ia telah berhasil menemukan cinta pertamanya, Kitano Akira yang ternyata adalah temannya juga, membuat Kazuto sangat sedih. Tapi, ia tak putus asa. Hei, bukankah Kazuto memiliki waktu yang lebih longgar dari Akira yang sibuk setengah mati jadi dokter. Ya, dan Kazuto benar-benar memanfaatkan peluang ini.

Di sini, akhirnya Kazuto mengajak Keiko kencan ketika malam Natal. Ini gara-gara Akira tak jadi pergi dengan Keiko karena ada rapat penting yang harus dihadirinya. Kazuto pun memberikan surprise, mengajaknya nonton konser balet, dan hal-hal romantis lainnya agar Keiko bahagia dan melupakan cinta pertamanya, demi melihat Kazuto. Sayangnya, Keiko harus segera ke Kyoto untuk merayakan tahun baru bersama ayah dan ibunya yang baru pulang dari Indonesia, menunggui orang tuanya. Hingga akhirnya, Kazuto teringat sesuatu, bahwa dirinyalah yang saat itu membantu Keiko mencari kalungnya yang hilang. Tapi, Keiko belum tahu. Dan niat Kazuto memberitahu Keiko di statsiun merupakan pilihan yang buruk. Penundaan itu terjadi.

Malamnya, Kazuto diserang oleh gangster Jepang (Yakuza) gara-gara beberapa malam sebelumnya sempat membela Tomoyuki yang dikeroyok kelompok mereka. Serangan ini membuat Kazuto amnesia sebagian dan ia melupakan peristiwa 1 bulan yang lalu. Artinya, Kazuto lupa tentang Keiko dan kepindahannya ke Jepang. Keiko di Kyoto cemas, kenapa Kazuto belum juga menghubunginya. Begitu sampai di Tokyo, barulah ia mengerti Kazuto amnesia.

Datanglah Yuri meminta Kazuto menikahinya. Ia putus dengan jason karena merasa terkhianati dan kini ia berpaling pada Kazuto. Agar lebih meyakinkan, foto-foto Keiko yang dulu diambil Kazuto, disimpan sementara diambil Yuri. Anehnya, Kazuto awalnya merasa nyaman, tapi lama kelamaan ia merasa ada sesuatu yang spesial antara dia dan Keiko. Pasti. Keiko sangat berharap Kazuto ingat padanya. Maka, kini ia pun berusaha dengan segala cara bagaimana mengembalikan ingatan Kazuto.

Suatu waktu, Kazuto kehujanan dan minta dikirimi payung. Lantas, gangster itu kembali menyerang. Kazuto dipukuli, ditendang, tapi tetap bergeming demi melindungi Keiko. Akhirnya? Okeh, silakan beli di toko buku ya.... Terima kasih. :D

-----------------
Nah, cerita ini paliing afdhol kalo dinikmati dengan lagunya Westlife yang My Love, suasana hujan rintik-rintik plus cemilan kue kering. Nikmat banget rasanya. cobain deh.
Terus, kenapa harus My Love nya Westlife?

Coba perhatikan liriknya:

"And oh My Love, I'm holding on forever
Reaching for the love that seems so far..."

Sementara di cerita itu, ternyata eh ternyata, Kazuto-san sadar, bahwa sebenarnya dialah cinta pertama Keiko-chan. Dialah yang dulu membantu mencari kalung Keiko yang hilang. Dialah yang dulu memakai topi wol biru, bukannya Kitano Akira. So Sweet banget.