RSS

IPA cs IPS

Tadi baru saja ada pelajaran sejarah... Terus guru sejarah ku bersabda,

"Mengapa pendidikan Indonesia sekarang seperti ini?"
anak-anak hening
"Ya karena, selama ini kalian hanya dicekok'i pelajaran IPA saja. Coba, pelajaran Geografi, Sejarah, Ekonomi, itu kalian anggap remeh. Ini sudah terjadi sejak zaman penjajahan Belanda dulu. Jelas, kalau para penjajah itu dulu memberikan pelajaran ilmu sosial kepada pribumi, nanti pribumi jadi pandai dan bisa melawan kepada mereka.

Justru, orang-orang Indonesia lebih dipintarkan dengan pelajaran IPA supaya orang pribumi tidak tahu tentang seberapa besarnya kekayaan yang ada di negeri kita sendiri. Di sini memang banyak yang ahli teknologi, ahli komputer. Tapi, yang ahli di bidang ekonomi? Geografi?"

Bu, dulu aku sempat berkeinginan mengambil jurusan IPS. Namun, karena orang tua tidak merestui, akhirnya akupun beralih ke IPA. Tapi jujur, aku tidak akan pernah mendeskriminasikan IPS dari pelajaran yang wajib kukuasai. Aku masih terus belajar dengan esai-esaiku. Yang masih bisa kupublikasikan lewat blogku.

Dan melalui esai, akhirnya aku mengerti tentang betapa kaya sebenarnya Indonesia ini. Aku dapat menyingkap perlahan berbagai tabir yang belum aku ketahui. Aku mencoba mengenal Indonesia lebih dalam, apa yang harus kami lakukan untuk perdamaian bersama.