RSS

Mbolang Ala SKI

Pada hari Minggu yang cerah tanggal 27 Maret 2011 kemarin, aku bangun pagi - pagi sekali dan langsung ngibrit ke Masjid Muhajirin buat ikutan PANJI 2011 ( Pelatihan Manajemen SKI 2011). Yang jelas beda dari biasanya dan seeeruuu buanget!
Hffh, aku nyesel nggak makan pagi. Ya maklum aku nggak tahu kalo kegiatannya hari itu bakal Mbolang ke Surabaya Selatan. GUila pokok'e... Hahaha.... Bener - bener cuci mata.
(Pelajaran : Jangan pernah lupa sarapan pagi)

Aku sekelompok sama Danissa, Intan, Aninda, Ulin, Farah, Judya, Astrid, n Pipil. Tapi sayang Astrid nggak ikut. Kita akan berpetualang ke Surabaya Selatan (iya wong rumah kami di daerah Utara n Timur semua, biar bisa tahu daerah baru mungkin ;p). Dan kami diberi hak IC (tanya - tanya info kalo nyasar). Parahnya lagi, kita harus menghemat uang yang dikasih sama Mbak-Mbaknya. Cuma SERATUS DUA PULUH EMPAT RIBU RUPIAH untuk 8 ORANG! Heh? Bekal pun kita cuma bawa Susu kotak, Roti Sobek 2 bungkus, n 10 sachet susu Indomilk. Hhh, nyeseeeel bener nggak sarapan.

Kami berangkat paling akhir gara - gara berdebat dulu soal Bemo apa yang dipilih. Ada yang usul naik bus dulu, lah. Bemo ini lah. Akhirnya sepakat kami naik Bemo V yang kebetulan kosong di depan SMALA dan mendadak bemo itu rame gara - gara kita naik.
Selesai itu langsung oper JTK. Dan tiba - tiba aja, salah satu dari kami bilang, "Eh itu kayak Mas Rian. Itu tuh, pake jaket. Kenapa ya?"
"Ada urusan kali. Mungkin aja kan?"
Dan pada akhirnya, masalah Mas - Mas ini jadi bahan guyonan di akhir perjalanan. Tapi, kami langsung tidak menggubrisnya.

Sampai di POS 1(Masjid Nurul Iman):
-Temui Mbak Almira dan Mbak Mifta. Ok ketemu setelah muter - muter Masjid dan digodain orang - orang yang menggeje. Materi pertama : Prioritas! Ya jelas, di sini kami ditanyain tentang apa itu prioritas, dan bagaimana menentukan prioritas. Dan di sini kami disuruh memilih 4 pilihan :
   > Meninggalkan semua barang, hak IC, dan peta. KEcuali uang
   > Meninggalkan uang lima puluh ribu rupiah (alias harus banyak jalan)
   > Menghapus hak IC
   > Meninggalkan seorang teman biar nggak nyusahin
Pilihan yang masuk akal memang cuma nomor 3. Yang lain jelas nggak mungkin dan sangat merugikan. Tapi nggak papa. Kan kita anggotanya banyak, jadi bisa diadakan pembagian kelompok yang lebih kecil lagi buat cari mbak - mbaknya?
 Setelah melewati satu POS, kami harus ke JS Plaza yang ternyata hanya naik JTK tapi harus nanya sana - sini sama orang banyak dan ngerepotin banyak orang. Hehehe... maklum nggak tahu. Tapi, akhirnya nemu juga kok meski kaki harus lecet - lecet dan tenaga hampir habis. Namun, dukungan teman di sini sangat diperlukan.

Sampai di POS 2 (Jemursari Plasa)
-Temui Mbak Mariatul dan Mbak Lita. Tau disuruh ngapain? Buat proposal kegiatan SKI (kegiatan baru lagi) yang harus diselesaikan selama 15 menit dengan alat seadanya. Tapi kalo nggak nutut ya harus dipresentasikan secara manual. OMG.... Tapi, kami berhasil lolos di pos ini. dan untungnya lagi, JS Plasa itu sempit.

Well, kemudian kami ngibrit lagi naik angkot apa gitu (lupa) ke sebelahnya IAIN yang ternyata lapangan. Ya Allah... tolonglah hamba-Mu yang sudah kelaparan ini.... Dan kami pun segera makan dengan lahap bekal - bekal yang kami bawa. TApi yo nggak kabeh. Kan buat persediaan ntar... Hmffh, setelah mikir - mikir mungkin Mbaknya ada di Masjid IAIN, dan tuh kan bener Mbaknya ada di sana... Huft... Alhamdulillah

Sampai di POS 3 (Masjid Ulul Albab-IAIN)
. Temui Mbak Almira dan Mbak Mifta
Setelah mbaknya minta maaf karena petanya keliru dan itu membuat kami muter - muter nggak karuan, mulailah materi. Apaan? Syuro'... Uuh, banyak banget yang harus diperhatikan dan kami pun harus mempraktekkan syuro' di depan Mbak - mbaknya yang berperan sebagai ikhwan.Nah di sini materinya puanjang banget. Sekalian kita mengisi energi yang semakin terkuras. Tapi, alhamdulillah... kita masih merasa sanggup! Ya, kita bisa! Optimis. Muslimah itu harus optimis.

Ok, udah selesai di sana, kamipun inisiatif naik bis kota untuk menuju Taman Bungkul. Wuah... Lucuu poll. Karena ada beberapa di antara kami yang tidak biasa naik bis, jadinya ya lucu. Wong di bus aja kita foto2an. Se bis jadi rame gara-gara kita cekikian menggeje. Pake seragam sekolah lagi. Yo wis, Yuk cap cuss ke Taman Bungkul.

Karena taman itu sangat luas sekali, kami membagi lagi menjadi 2 kelompok kecil buat nyebar nyariin Mbak Mariatul n Mbak Lita. Tau kenapa? Yupzz.... ternyata, di sini kita berlatih untuk dakwah. mendakwahi orang lain rupanya. Tentu saja nggak boleh ngasar2 kalo ndakwahi orang. Terus selain itu, kita juga harus mendakwahi diri sendiri dulu supaya iman kita bener dulu.

Sempat hujan, but, it's a beautiful day. Sampe2 kita disapa orang gini, "Mbak.. Mbak, Minggu-Minggu kok ya sekolah.... " Tapi, wes biasa ae. And, live must go on, biarkan orang menggonggong, Grup kami pun berlalu. Wheheheheheh...

Well, LAST PLACE!!
ROYAL PLAZA!! Alhamdulillah, sekaligus Innalillah....
Kenopo Alhamdulillah? Karena akhirnya aku bisa juga mengunjungi salah satu mall favoritku ini. Sumpah, tahun 2010 lalu aku cuma sekali ke sana. Ya wong sibuk2 ujian plus masuk SMA. Sekalian cuci mata... Hehehe.
Kenopo Innalillah? Karena kami harus mencari Mbak Mifta dan Mbak Almira di seluruh Plaza dengan 6 lantai! Terpaksa, kami pun berpencar menjadi 4 kelompok. Ya... alhamdulillah, dengan sangat sangat sangat sedikit tenaga yang tersisa (aku kelaparaaaaannn, Ya Allah, aku pingiin banget makan), kami pun ketemu dengan Mbak2 itu di lantai paling atas, di depan stan makanan. Dan kami hanya bisa melongo karena nggak bawa uang.
Tapi, Alhamdulillah, kami pun berhasil kembali ke SMALA!!!


ALLAHU AKBAR!